Wilujeng Sumping

Kata Si Om - Marhaban ya ramadhan. Kata Si Om - Hanya ada dua sekolah di dunia ini, smandak dan sma lainnya

Jumat, 13 Juni 2014

Peminatan: Antara IPA atau IPS

  
      Pada kurikulum 2013, di semester pertama kita sudah masuk ke jurusan yang kita pilih. SMAN 1 Cibadak, sudah menerapkan kurikulum ini sejak tahun pelajaran 2013 - 2014. Sehingga, ketika kita belajar akan langsung menjurus. Tahun pelajaran berikutnya pun akan demikian. Siswa yang baru masuk akan memilih, akan masuk jurusan apa, IPA atau IPS.

   Namun masalahnya, (mayoritas) siswa yang akan masuk SMA belum begitu paham tentang penjurusan (-atau peminatan) ini. Peminatan/penjurusan ini padahal sangat penting terhadap karir belajar siswa nantinya. Maka dari itu, jangansampai salah memilih di awal sehingga menyesal belakangan.

   Berikut adalah artikel saya, yang semoga membantu mengenai peminatan.

  1. IPA dan IPS sama

       Orangtua saya, dulu sering berkata bahwa anak IPA pasti pintar, dan anak IPS adalah siswa yang kurang favorit. Sebenarnya, bukan demikian. Banyak dari orang yang masih menganggap bahwa mengukur kepintaran itu dari pelajaran Matematika, Fisika atau Kimia. Orang yang menguasai mata pelajaran itu, mereka sebut pintar. Hal ini tentu saja tidak objektif. Karena jika mata pelajaran tersebut menjadi indikator kepintaran seseorang, tentulah anak IPA pasti pintar. Tapi toh kepintaran tidak diukur dengan cara demikian. Pintar itu relativ bung. Mungkin kalimat dari Einstein ini dapat membantu pemahaman anda.

    Everybody is a genius. But if you judge a fish by its ability to climb a tree, it will live its whole life believing that it is stupid
    _____________________________________
    Semua orang itu jenius. Tetapi jika anda menilai ikan dengan kemampuannya untuk memanjat pohon, percayalah itu adalah bodoh
    --- Albert Einstein ---
    Bayangkan jika manusia manusia di bumi yang diciptakan berbeda beda ini dianalogikan sebagai kumpulan hewan hewan di hutan. Ada Gajah, Ikan, Kuda, Monyet, Harimau, dan Jerapah. Lalu, suatu hari hewan hewan itu berkumpul untuk pergi ke sekolah.
       Lalu guru mereka berkata, "panjatlah pohon itu, orang yang pintar dan cerdas adalah orang yang bisa naik ke puncak pohon". Maka mereka semua berusaha memanjat pohon.
       Semua berusaha,  tapi tentu saja Monyetlah yang mencapai puncak pohon, karena itu adalah keahliannya. Ikan ingin menjadi pintar, dia berusaha memanjat. Tentu saja dia gagal, karena memanjat bukanlah keahlian ikan. Semua orang tau bahwa keahlian ikan adalah berenang. Namun jika ikan tetap memaksakan diri untuk menjadi pandai memanjat, tentu ia akan menjadi yang paling bodoh selamanya.

    Jika selama ini, anda bukanlah orang yang pandai dalam Ilmu Pengetahuan Alam, mungkin memang bukan itu keahlian anda. Mungkin anda adalah seorang seniman. Mungkin anda pandai berbicara, anda cocok menjadi public speaker. Mungkin anda lebih tertarik pada ekonomi. Mungkin anda lebih senang pada sejarah, membaca cerita tentang hebatnya tokoh tokoh dunia dan dahsyatnya perang demi perang.


    Jadi, semua orang memiliki keahlian masing masing. Apakah keahlian anda?
  2. Sesuaikan jurusan dengan Fakultas Impian

        Pertimbangan tentang jurusan IPA atau IPS pun jangan lepas dari jurusan kuliah nanti. Jika mau jadi dokter, ya sebaiknya masuk IPA. Jika mau jadi akuntan perbankan, atau perpajakan, sebaiknya masuk IPS.

        Misalnya siswa IPA akan lebih mudah masuk ke Fakultas Kedokteran dibandingkan siswa IPS yg mencoba ke sana. Karena di program IPA, jam belajar biologi lebih banyak. Namun misalnya siswa IPA hendak masuk ke Fakultas Ekonomi, tentu tidak akan semudah siswa IPS juga. Karena jam belajar Ekonomi di IPS lebih lama daripada IPS.

    Kemana anda akan kuliah? Bicarakan dengan orangtua anda. Jika masih bingung, kunjungi saja ruang BK di smandak.
      
     
  3. Harus punya cita cita

      Belum punya cita cita??? Cari dan miliki sekarang! Cita cita itu penting untuk menentukuan langkah langkah selanjutnya dalam hidup. Jika anda sudah bercita cita menjadi programmer misalnya, tentulah dari sekarang sudah mulai bergaul dengan kawan kawan programer dan membeli buku buku program. Anda sudah bisa mementukan langkah. Tapi Jika anda belum punya cita cita, tentu ini akan sangat sulit.

Kesimpulannya, cermatlah memilih jurusan. Sebelum semuanya terlambat, dan anda menyesal berada di angkot yang salah. wkwk...

Demikianlah artikel saya mengenai jurusan IPA atau IPS. Semoga membantu kawan kawan yang sedang bingung dalam memilih jurusan masuk SMA.

Salam Norax!!
________________________________________________
Ingin bertanya secara langsung? connect with my account
Follow @Abang_Gue
or ask @myAskFM-Account
 




Check out other Post:



Share This!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

tinggalkanlah jejakmu, dan dunia akan tau kamu pernah berkunjung kesini.

Powered By Blogger · Designed By Seo Blogger Templates