Wilujeng Sumping

Kata Si Om - Marhaban ya ramadhan. Kata Si Om - Hanya ada dua sekolah di dunia ini, smandak dan sma lainnya

Sabtu, 28 Juni 2014

Apa aja sih tes ujian masuk SMA?





  Hai readers. Bagi siswa yang akan hendak masuk SMA, ada semacam Tes yang harus dilalui untuk bisa lolos seleksi masuk SMA tersebut. Tes seperti apa sih yang nanti akan dihadapi? Om akan bagikan pengalaman ketika masuk SMA N 1 Cibadak tahun 2013 yang lalu.

  1. Tes Tertulis
       Tes ini akan menguji kemampuan akademik calon siswa baru dengan soal soal matapelajaran pokok (MTK, IPA, Indo, Inggris). Kadang ditambah juga dengan beberapa pelajaran yang lain, seperti selipan pelajaran IPS dan pengetahuan umum (tergantung kebijakan sekolah).
       Materinya adalah materi SMP. Tidak mungkin menguji soal SMA, jikapun ada mungkin hanya satu atau dua soal. Soal yang akan diujian, kemungkinan diambil dari soal Ujian Nasional, atau dari materi materi yang dipelajari di SMP. Buka lagi deh kumpulan soal UN dan ulangan ulangan waktu SMP. Saya yakin kawan kawan yang sering mereview materi SMP akan mudah melewatinya.
    Yang penting adalah persiapan dan percayadiri. :)
  2. Tes Bakat dan Keterampilan
       Tes ini menguji calon siswa baru yang mendaftar lewat jalur prestasi non akademik. Jika anda berprestasi di bidang olahraga, maka anda akan diuji di bidang olahraga. Begitupun di bidang seni dan bakat lainnya. Tes ini untuk membuktikan dan mempertanggungjawabkan sertifikat yang anda berikan di waktu pendaftaran.
       Saran saya guys, ketika tes ini berlangsung, tunjukan semua bakat yang anda miliki. SEMUANYA! Jika anda bisa bernyanyi, bernyanyilah semerdu merdunya. Jika anda bisa bisa beberapa cabang olahraga, tunjukanlah keahlian anda. Jika anda adalah atlet lari dan anda bisa bermain Kendang, Suling, Gamelan, Gitar, Drum, Bernyanyi, wahh... anda adalah paket lengkap. haha.. Itu adalah nilai tambah.
       Pengalaman di angkatan kakak kelas saya, ada yang bisa sulap. Di angkatan saya, ada yang bisa bermain kendang dan gamelan. Ada yang bisa menari. Bahkan ada yang bisa main gitar sambil menari. (lho?).
       Kenapa kita harus menampilkan semua bakat kita? Karena, untuk menujukan pada sekolah bahwa I Deserve to get a chain in here.  B-)
       Sekolah akan melirik kita, dan akan membutuhkan kita jika ada lomba lomba nantinya. Jika anda memiliki bakat bakat itu, dan anda berprestasi di bidangnya, maka tunjukanlah pada sekolah. Jadi nanti, jika ada perlombaan antar SMA atau tingkat yang lebih tinggi, anda akan dipanggil dan diikutsertakan.
        Banyak sekali siswa yang memiliki kemampuan luarbiasa, namun tidak menunjukannya. Sehingga, ketika ada lomba sekolah tidak mengikutsertakan siswa itu karena sekolah tidak tau dia mampu.
  3. Psikotes
        Mungkin tes ini sedikit asing bagi sebagian besar dari readers. Jika udah tau, ya syukur. Tes psikologi atau psikotes adalah bidang yang ditandai dengan penggunaan sampel perilaku untuk menilai konstruksi psikologis, seperti fungsi kognitif dan emosional, tentang individu tertentu.
        Nantinya setelah psikotest, hasilnya akan diberikan pada anda. Disana akan terlihat baiknya anda masuk IPA atau IPS. Apakah bakat dan minat anda. Berapa IQ anda. Dan lain lain tentang kepribadian.
       The most important thing that you should know, psikotes ga perlu belajar dulu. Persiapan utama sebelum psikotest adalah kondisi tubuh yang sehat, dan mood yang baik. Karena soal soal psikotest adalah soal yang dapat dijawab dengan logika. Dont worry, be happy. :D
 Begitulah tes tes yang biasanya diujikan pada calon peserta didik baru. Yang readers should remember is.. Tiap tiap sekolah memiliki kebijakan masing masing dalam menguji calon peserta didik barunya. Tanyakan hal yang tidak anda mengerti pada guru dan staff SMA yang hendak anda masuki. Atau, ask here if you wanna ask me and other readers.

Thats all from me. Yang benar dari Allah, yang salah hanya dari kelalaian salah. Thankyou readers.

Salam Norax!

_______________________________________________________________________
Bonus pict, from Benny and Mice:

____________________________________________________________
Ingin bertanya secara langsung? connect with my account
Follow @Abang_Gue
or ask @myAskFM-Account

 






Check out other Post:




Share This!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

tinggalkanlah jejakmu, dan dunia akan tau kamu pernah berkunjung kesini.

Powered By Blogger · Designed By Seo Blogger Templates