Wilujeng Sumping

Kata Si Om - Marhaban ya ramadhan. Kata Si Om - Hanya ada dua sekolah di dunia ini, smandak dan sma lainnya

Rabu, 02 Juli 2014

Selukbeluk Psikotest SMP dan SMA 2014

Assalamualaikum wr.wb.

      Alhamdulillah, kepada Allah yang telah mengangkat derajat umat manusia dengan ilmu dan amal. Shalawat dan salam kepada Nabi Muhammad SAW, dan keluarganya yang telah mengajarkan ilmu dan hikmah.

Okay readers. Saya sedang bersemangat hari ini.

Di kesempatan ini, di hembus nafas ini, *ciee. Saya akan menyajikan informasi mengenai seluk beluk psikotest. Mulai dari apa itu psikotest hingga contoh soal soalnya. Dan juga ada bonus tips dan trik dalam mengerjakan psikotest *khas redaksi KataSiOm. :D  Semoga ini berguna untuk kawan kawan yang sekarang akan melaksanakan psikotest, baik di SMP atau SMA di tahun 2014 ini.

Mohon dibaca seksama, jangan ada yang dilewat.

1. Apa itu psikotest?

Psikotes itu sederhananya adalah suatu rangkaian tes yang ditujukan untuk menguji kemampuan  dan keadaan psikis seseorang. Digunakan untuk mengetahui IQ, kepribadian, bakat dan minat siswa. Dari psikotest dapat terlihat bagaimana kondisi emosional seseorang. Psikotest dapat berupa tes tertulis, gambar visual, atau wawancara.

Psikotes juga digunakan untuk menguji calon karyawan baru pada perusahaan, TNI, Polri, dan universitas. Dan bahkan, dalam Olimpiade Sains Nasional bidang Komputer tingkat Provinsi, ada sesi khusus untuk  psikotes sebelum mengerjakan soal. Jadi, psikotes itu penting untuk dipahami.

2. Contoh soal psikotest dan pembahasannya

     Inilah contoh contoh soal psikotes yang dapat anda gunakan untuk berlatih. Saya mendapatkannya dari internet. Mohon kawan kawan mendoakan mereka yang telah ikhlas mengumpulkan soal soal ini dan membagikannya pada dunia. Semoga amal ibadah mereka dilipatgandakan oleh Allah SWT. Amin.

Contoh soal gambar
nah, Mari kita bahas perlahan.
Untuk soal nomor satu, perhatikan bahwa dadu disusun berurutan. Dimulai dari mata 1, 2, 3, 4,.. dan selanjutnya adalah dadu bermata...???? :D
LIMA! tepat sekali. Berarti jawabannya adalah D.


Nomor 4. Perhatikan POLA nya!
diawali dari bunga bermahkota 2, 4, 6, 8, lalu selanjutnya adalah???
Enam Belas! Tepat sekali. Berarti jawabannya adlah A.

Nomor 7. Perhatikan kemana arah jarum itu. (entah gambar apa, tp kita sebut saja jarum). Pertama menunjuk ke pojok kanan atas, kiri atas, kiri bawah, kanan bawah..
Maka selanjutnya adalaahh???... Perhatikan polanya. polanya adalah bergerak berlawanan dengan arah jarum jam. Maka posisi selanjutnya adalah di,, Kanan Atas!!
Tepat sekali boots. | Terimakasih dora.
 lol. hahaha

ya, saya rasa anda dapat menjawab nomor nomor yang lainnya tampa mengalami kesulitan. Ini semua hanya satu kuncinya.: PERHATIKAN POLANYA.

Silahkan berlatih lagi dengan gambar di bawah, tidak perlu banyak banyak.

 Pada dasarnya, anda hanya perlu memahami prinsipnya. Yaitu memperhatikan POLA.

soal soal psikotes untuk smp dan sma lainnya kawan kawan dapat kawan kawan download pada link di bawah ini.


Atau anda dapat gunakan refrensi dari situs lain yang sudah saya kunjungi tentang psikotest:

Tentang gambar
Tentang kata kata

__________

Okay readers, soal soal diatas saya jamin  TIDAK AKAN SAMA dengan apa yang akan anda kerjakan nanti. Karena, soal soal itu dibuat oleh lembaga psikologi yang berbeda, tergantung pada kebijakan sekolah anda. Tapi SAYA JAMIN soalnya masih satu tipe dan sama mudahnya. :)

Saya dari awal memang tidak berniat untuk menyodorkan kepada anda semua tipe soal psikotes, karena itu bukan tujuan saya.

What I am trying to emphasize here, bukan pada bocoran soal psikotes 2014 atau bukan melatih anda untuk lancar mengerjakan semua soal psikotes masuk smp ataupun sma. Tapi saya menekankan pada anda untuk PERCAYADIRI, dan memperlihatkan kepada anda bahwa soal psikotes itu mudah dan tidak perlu tegang dan bingung untuk menghadapi tes nya. :)
 
Okay inilah TIPS mengerjakan Psikotest
  • Percaya diri
  • Jangan tegang! Soalnya mudah!
  • Jaga kondisi badan agar tetap FIT. Meskipun soalnya mudah, tapi membutuhkan konsentrasi yang tinggi dan biasanya soalnya rada banyak. Banyak orang yang mendapat skor kecil di psikotes karena mereka sedang flu.
  • Keep calm, kondisi yang deg degan bisa bikin konsen buyar.
  • Jangan sampe kondisi lapar,. mm.. kecuali sedang shaum ramadhan ketika test nya.
  • Terakhir, berdoa. :3


semoga postingan saya kali ini menjadikan kawan kawan semua bersemangat dalam menghadapi psikotest. Jangan lupa berdoa dan memohon kelancaran pada Allah, supaya semuanya dimudahkan.

regards,
Salam Norax!

_________
thanks to:
Nurul Hidayah.net

_________
Okay readers, check my other post about  education:
Peminatan: Antara IPA atau IPS
How To Prepare Masuk SMA

Or, check my other post about islam
____

 

Share This!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

tinggalkanlah jejakmu, dan dunia akan tau kamu pernah berkunjung kesini.

Powered By Blogger · Designed By Seo Blogger Templates